Magister Ilmu Gizi

Universitas Diponegoro

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Penelitian Versi Indonesia ASUPAN GIZI, PENYAKIT INFEKSI DAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi di Distrik Sentani Kabupaten Jayapura)

ASUPAN GIZI, PENYAKIT INFEKSI DAN STATUS GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR (Studi di Distrik Sentani Kabupaten Jayapura)

E-mail Print PDF

ABSTRAK

Latar Belakang : Prevalensi status gizi kurang pada anak usia sekolah di Kabupaten Jayapura cukup tinggi (19,7%).  Data tahun 2010 menunjukkan bahwa rerata asupan energi dan protein masyarakat di Papua rendah, sedangkan angka kesakitan malaria, diare dan ISPA masih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan asupan gizi dan penyakit infeksi dengan status gizi pada anak sekolah dasar.

Metode : Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah anak sekolah dasar di Distrik Sentani.  Subjek penelitian adalah 62 anak kelas lima yang dipilih secara purposive. Status gizi ditentukan dengan indeks IMT/U, status malaria dengan apusan darah tebal dan kecacingan melalui pemeriksaan telur cacing pada feses.  Kejadian diare dan ISPA didapatkan melalui wawancara dengan kuisioner.  Data asupan gizi diperoleh dari recall 3 x 24 jam.  Analisis dilakukan dengan korelasi Rank Spearman, Chi Square serta regresi logistik.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan rerata tingkat kecukupan energi adalah 85,37%, tingkat kecukupan protein sebesar 79,89% dan vitamin A 64,41%.  Subjek yang mengalami malaria dan kecacingan yaitu 12,9% dan 43,5%, serta yang mengalami kejadian ISPA dan diare dalam dua bulan terkahir sebanyak 37,1% dan 14,5%. Hasil uji Rank Spearman menunjukkan terdapat hubungan tingkat kecukupan; energi (r=0,349; p=0,005); protein (r=0,330; p=0,009) dan vitamin A (r=0,474; p=0,0001) dengan status gizi.  Uji Chi Square menunjukkan ada hubungan kejadian ISPA dengan status gizi (p=0,0001), sedangkan kejadian malaria, diare dan kecacingan tidak berhubungan dengan status gizi.  Tingkat kecukupan energi dan ISPA secara bersama-sama berpengaruh terhadap status gizi.

Simpulan : Faktor yang paling kuat berhubungan dengan status gizi anak SD di Distrik Sentani adalah tingkat kecukupan energi dan kejadian ISPA.

 

Kata Kunci : Asupan gizi, infeksi saluran pernafasan atas, status gizi, anak sekolah dasar.

Last Updated on Wednesday, 30 January 2013 13:31  

obat pembesar penis pembesar penis jual vimax vimax herbal alat bantu sex alat bantu sex jual alat bantu sex alat bantu sex pria alat bantu sex wanita kata kata motivasi Cara Membuat Email Cara Membuat Twitter Cara Membuat Facebook Cara Download Youtube Cara Mengedit Foto Cara Mendownload Lagu Cara Download Mp3 Best Pre Workout Supplement